Jumat, Februari 20, 2009

KENAPA KOTA KITA BISA BANJIR ...............

Banjir....... lagi-lagi banjir.......
kenapa bisa terjadi ..?
banyak para pengamat lingkungan the big 5 biologi UNMUL......
Mengatakan bahwa penyebab banjir di kota kita dalah faktor - faktor kecil yang sering dilupakan oleh para pejabat pemerintah yang hanya mementingkan pembangunan dan pemanfaatan hasil sumber daya alam yang melimpah kedalam aspek kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat saja.

Contoh utama yang kami bahas adalah tentang tata ruang perkotaan.....
Dimana kita melihat hal kecil yaitu tentang peraturan dalam pembuatan bangunan perkantoran dan ruko - ruko yang tepat diatas parit - parit pembuangan ,yang membuat kita kesulitan dalam melakukaan pembersihan.
Kemudian dalam pembuatan saluran yang perlu dikaji lagi.
Parit atau selokan yang tidak sesuai dengan kondisi tempat dimana parit itu.
misalnya daerah dangkal,pegunungan,daerah yang mudah menyerap air.

Selain itu teknik pembuatan parit yang bagian dasar di semenisasi... Yang bisa menghambat proses penyerapan air yang mengalir pada saat terjadi hujan atau genangan.

Banyak daerah rawa atau rapak (bhs.daerah) yang dijadikan perumahan - perumahan beton yang menyulitkan air diserap,seharus daerah sperti ini dijadikan daerah pertanian bukan tempat dibangunnya perumahan.

Hal inilah yang faktor lain yang dijadikan bahan pertimbanagan perintah kota samarinda,tenggarong,balikpapan dan kota lain dalam membuat suatu keputusan-Nya.

Tidaknya menyalahkan hutan yang selalu berkurang setiap hitungan menit atu detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar